Wednesday, December 26, 2018

Badan sering limbung dan jatuh? Ini faktor penyebabnya

Badan sering limbung dan jatuh? Ini faktor penyebabnya,- Dahulu ketika seseorang beranjak tua, maka mereka akan sangat mudah untuk kehilangan keseimbangan. Tubuh mereka menjadi limbung dan sering jatuh tanpa alasan yang jelas. Saat ini, tanpa menunggu menjadi tua pun Anda sering jatuh tanpa didasari alasan yang jelas.

Walaupun terdengar tidak serius, namun penelitian kesehatan menunjukkan bahwa 65% kasus cedera dan kecelakaan terjadi ketika seseorang kehilangan keseimbangan. Ternyata ini penyebab kenapa seseorang mudah kehilangan keseimbangan.

Masalah dengan sistem vestibular
Sistem vestibular merupakan sistem kesehatan yang membantu Anda untuk menentukan posisi dan menjaga keseimbangan tubuh Anda. Sistem yang terletak di telinga ini membantu otak Anda untuk menentukan kapan Anda harus duduk, berdiri, atau berbaring dengan benar. Namun seiring pertambahan usia, sel-sel dama sistem vestibular Anda bisa menurun dan menyebabkan Anda mudah jatuh.

Masalah penglihatan
Masalah penglihatan yang memburuk secara bersamaan mampu mengurangi kemampuan Anda untuk fokus dan menjaga keseimbangan tubuh dengan baik. Sehingga tidak heran ketika mata Anda sudah mulai tidak tajam, maka Anda pun mudah jatuh.

Masalah tekanan darah
Jika Anda memiliki masalah dengan tekanan darah Anda, maka Anda pun terkadang akan merasa pusing ketika berdiri. Terutama ketika Anda memiliki tekanan darah rendah yang bisa membuat Anda tiba-tiba jatuh atau pingsan.

Masalah otot
Otot tubuh Anda akan secara alami menurun dan melemah seiring pertambahan usia. Hal ini pula yang akan membuat Anda mudah untuk hilang keseimbangan. Berolahraga secara teratur dan membuat tubuh tetap bugar akan membantu Anda untuk memperbaiki hal ini.

Masalah koordinasi
Seiring bertambahnya usia seseorang, tingkat koordinasi dan refleks mereka pun tidak setajam sebelumnya. Hal ini diperparah juga ketika otak Anda tingkat kewaspadaannya berkurang.

Masalah kesehatan
Masalah kesehatan seperti penyakit jantung, arthritis, multiple sclerosis, dan Parkinson mampu mempengaruhi keseimbangan Anda. Bahkan obat yang digunakan untuk mengobati masalah tersebut juga mampu menyebabkan Anda pusing, menurunkan penglihatan, dan merusak telinga bagian dalam yang juga dapat membuat Anda hilang keseimbangan.

Walaupun belum ada obat yang jelas untuk mengobati gangguan kesehatan ini, namun menjaga kesehatan dari dalam serta selalu menjalankan pola hidup yang sehat mampu membantu Anda untuk terhindar dari gangguan kehilangan keseimbangan.

No comments:

Post a Comment